Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran langsung terhadap hasil belajar fisika. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa yang diambil secara random sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan kuesioner dan tes. Teknik pengolahan data menggunakan path analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajar fisika aspek kognitif dan aspek afektif antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung., (2) Melalui uji lanjut dengan uji Tukey diketahui bahwa, siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri memperoleh skor hasil belajar fisika aspek kognitif dan aspek afektif yang lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan starategi pembelajaran langsung, (3) strategi pembelajaran inkuiri lebih efektif digunakan dalam pembelajaran fisika, baik untuk aspek kognitif maupun aspek affektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri lebih unggul dibandingkan strategi pembelajaran langsung dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar fisika.Kata kunci: Berpikir kreatif, strategi belajar inkuiri, startegi belajar langsung, dan hasil belajar
Copyrights © 2021