Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Tabikpun
Vol. 2 No. 3 (2021)

Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Tahap Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Biologi Di SMAN Bandar Lampung

Pramudiyanti Pramudiyanti (Universitas Lampung)
Nadya Meriza (Universitas Lampung)
Dina Maulina (Universitas Lampung)
Ismi Rakhmawati (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu upaya guru untuk meningkatkan kualitas diri dan kualitas pembelajaran. PTK tidak terikat oleh materi tertentu atau waktu khusus sehingga dapat dilakukan guru setiap saat. Meskipun demikian, guru membutuhkan pendampingan untuk mempraktekkan penelitian ini. Materi pendampingan berupa pemaparan konsep-konsep PTK, praktek PTK yang mudah dan membuat artikel sederhana hasil PTK. Harapan dari kegiatan ini adalah munculnya guru yang memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan pembelajaran melalui PTK. Hasil sekaligus kesimpulan pendampingan adalah pengetahuan guru mengenai PTK sudah baik, bahkan satu guru berkategori sangat baik. Selain itu, pengalaman PTK masing-masing guru menjadi kaya dan terukur secara kualitatif. Saat sesi diskusi, pengetahuan guru secara kognitif muncul, namun guru masih kesulitan menuliskannya dalam proposal. Faktor pengetahuan pedagogik atau ilmu kependidikan dan kurangnya keterampilan mencari informasi ilmiah merupakan kendalanya. Tindak lanjut yang perlu dilakukan adalah pelatihan keterampilan mencari informasi ilmiah dan peningkatan pengetahuan pedagogik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpkm_tp

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Computer Science & IT Education Health Professions

Description

JPKM Tabikpun publishes multidisciplinary articles from scholars and experts about practices of sciences and/or technology for society. The topics of interest include, but not limited to: • The use of science and/or technology to serve the community • The workshop in science, engineering and/or ...