Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 3 No 4 (2020): Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat

Proses Rebranding Pada Lembaga Penyiaran Publik TVRI

Muhammad Ibnu Razak (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Yusuf Zaenal Abidin (uin sunan gunung djati bandung)
Aep Wahyudin (uin sunan gunung djati bandung)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses rebranding dan manajemen penerapannya pada Lembaga Penyiaran Publik TVRI dilingkungan TVRI Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan konsep POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) dan rebranding sebagai acuan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses rebranding di LPP TVRI Jawa Barat, yaitu; (1) Perencanaan kegiatan rebranding di lingkungan TVRI Jawa Barat tidak memiliki perencanaan khusus karena terjadi miskomunikasi; (2) Pengorganisasian yang dilakukan dalam kegiatan rebranding di LPP TVRI Jabar adalah dengan membentuk tim rebranding khusus dan melakukan pengorganisian pengelolaan anggaran; (3) Pelaksanaan kegiatan rebranding di lingkungan TVRI Jabar dilakukan dengan melakukan sosialisasi, penggunaan atribut baru dan properti sesuai manual book, terakhir adalah dengan membuat desain untuk on air maupun off air sesuai super grafis; (4) Pengawasan dilakukan dengan pengawasan secara langsung, pengawasan pengelolaan dana, dan pengawasan dalam bentuk laporan (LPJ). Kata Kunci : Rebranding; Lembaga Penyiaran Publik; Fungsi Manajemen ABSTRACT The purpose of this research was to determine the process of rebranding and management of its implementation at the TVRI Public Broadcasting Institute in the TVRI West Java environment. This study uses the concept of POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) and rebranding as a research reference. This research uses a case study method with a qualitative approach and a constructivist paradigm. The results showed that the rebranding process at LPP TVRI West Java, namely; (1) Planning for rebranding activities in TVRI West Java does not have a special plan due to miscommunication; (2) Organizing the rebranding activities at LPP TVRI West Java was to form a special rebranding team and organize budget management; (3) The implementation of rebranding activities in the West Java TVRI environment is carried out by conducting socialization, using new attributes and properties according to the manual book, the last is by making designs for on air and off air according to super graphics; (4) Supervision is carried out under direct supervision, supervision of fund management, and supervision in the form of reports (LPJ). Keywords: Rebranding; Public Broadcasting Institution; Management Functions

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...