SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Vol 8, No 1 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Brainstorming Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 11 Gowa

Rahmawati Rahmawati (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar)
Wahdah Anugrah Yusuf (Unknown)
Khaeruddin Khaeruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode Brainstorming. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan Pre Experimental Design.  Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 11 Gowa yang berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian berupa two-tier test. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif tingkatan pemahaman konsep yang dibedakan atas empat kategori yaitu paham, miskonsepsi, menebak, dan tidak paham. Untuk melihat peningkatan konsep secara keseluruhan, digunakan analisis N-Gain dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa kelas XI MIA SMA Negeri 11 Gowa pada topik Gelombang  Mekanik untuk pre test pada kategori paham konsep, miskonsepsi, menebak, dan tidak paham secara berurutan yaitu 34% , 27%, 12%, dan  27%. Sementara, persentase tingkat pemahaman konsep pada post test untuk kategori paham, miskonsepsi, menebak, dan tidak paham yaitu 48% , 14% , 24% , dan 12% secara berurutan. Hasil analisis N-Gain skor pemahaman konsep diperoleh sebesar 0,650 dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan adanya reduksi persentase miskonsepsi dengan diterapkan model pembelajaran PBL dengan metode Brainstorming. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dengan Brainstorming berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Gelombang Mekanik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

spek

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics

Description

The Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this journal are: Physics Education, Chemistry Education, Biology Education, Media Development and Learning, Model Evaluation and ...