Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)
Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

Pelatihan Membuat Foto Produk dengan Kamera Smart-Phone Bagi Usaha Mikro Kecil di Kelurahan Cilangkap, Jakarta Timur

Dinni Agustin (Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Manajemen dan Administrasi Bisnis Universitas Respati Indonesia)
Rushadiyati Rushadiyati (Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Manajemen dan Administrasi Bisnis Universitas Respati Indonesia)
Asim Asim (Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Manajemen dan Administrasi Bisnis Universitas Respati Indonesia)
Ahmadun Ahmadun (Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Manajemen dan Administrasi Bisnis Universitas Respati Indonesia)
Nurminingsih Nurminingsih (Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Manajemen dan Administrasi Bisnis Universitas Respati Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Perkembangan pemasaran di era digital mengalami perubahan yang cukup signifikan, terutama terkait alat pemasaran yang digunakan, salah satunya dengan penggunaan media online dengan menampilkan fotographi produk yang menarik. Pertumbuhan penjualan online dipacu oleh semakin berkembangnya teknologi handphone, tablet, dan media sosial. Menjalani usaha di saat himpitan pandemi Covid-19 tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku UMKM. Apalagi banyak produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM yang sebenarnya berkualitas baik namun sayang gagal di promosi karena menggunakan foto yang seadanya. Untuk mengatasi permasalah tersebut maka diperlukan pelatihan untuk dapat memotret produk mereka degan baik. Tujuan pelatihan adalah membekali pelaku UMKM cara memotret produk mereka dengan baik dan menarik agar mampu bersaing di pasar online. Metode pelatihan yang diberikan pembuatan foto produk dengan menggunakan Smart-phone secara sederhana, cepat dan mudah. Hasil yang dicapai setelah mengikuti pelatihan pelaku UMKM dapat menerapkan hasilnya dalam mengembangkan usaha dengan menampilkan foto produk yang baik untuk promosi sehingga membuat orag ingin mencicipi, dan mencoba bahkan membeli produk yang ditampilkan dalam foto promosi, leaflet, brosur atau kemasan sebuah produk. Kata kunci: foto produk, smartphone, UMKM

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PAMAS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science

Description

Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS) dengan E-ISSN : 2685-6301 diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat ini terbit dua kali setiap tahun, yakni pada bulan April dan ...