Penelitian ini bertujuan mengkaji perbedaan pengaruh penggunaan teknik pembelajaran kooperatif (Jigsaw II dan STAD) dan kepercayaan diri terhadap keterampilan berbicara mahasiswa. Penelitian ini menggunakan rancangan posttest-only control group design dengan faktorial 2x2 menggunakan teknik analisis Anova dua jalur dan tes Tukey. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mahasaraswati Denpasar. Temuan yang dihasilkan adalah bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik pembelajaran kooperatif (Jigsaw II dan STAD) dan kepercayaan diri terhadap keterampilan berbicara mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi yang diajar dengan teknik Jigsaw II meraih keterampilan berbicara yang lebih baik daripada mahasiswa yang diajar dengan teknik STAD. Tidak ada perbedaan kemampuan berbicara pada mahasiswa dengan rasa percaya diri rendah yang diajar dengan kedua teknik tersebut. Penelitian membuktikan tentang perlunya seorang guru mempertimbangkan rasa percaya diri siswa dalam implementasi suatu pembelajaran yang baru
Copyrights © 2013