Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi dan menganalisis kompetensi-kompetensi dan topik-topik yang harus dicapai oleh mahasiswa dalam pembelajaran English for FB Service yang mencakup mengembangkan tema dan subtema yang dapat dimasukkan ke dalam bahan ajar; dan mengembangkan jenis dan bentuk asesmen yang dapat digunakan untuk mengukur ketercapaian masingmasing kompetensi yang telah dirumuskan; (2) mendesain prototype bahan ajar berbasis e-learning untuk mata kuliah English for FB Service; dan (3) mengetahui kualitas/validitas bahan ajar yang dikembangkan. Desain utama dari penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pentingnya dan keutamaan dari penelitian ini, yaitu upaya dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah English for FB Service, pengembangan kurikulum dan material development, dan kontribusi dalam pengembangan e-learning dalam pembelajaran. Data penelitian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 13 kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa dalam pembelajaran English for FB Service dan 13 topik-topik yang dikembangkan. Uji validasi produk menunjukkan tingkat validasi dalam kategori sangat tinggi yang berarti bahwa produk penelitian ini sudah siap dipakai. Kata kunci: bahan ajar, English for FB Service, e-learning
Copyrights © 2019