WIDYATAMA
Vol 20, No 2 (2011)

Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Demontratif Efektif untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris

Hastuti, Endang Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2013

Abstract

Pembelajaran  dengan  Menggunakan Metode Demontratif Efektif untuk Meningkatkan  Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris  Endang Dwi Hastuti Progdi Pend. Bahasa Inggris, FKIP, Univet Bantara Sukoharjo  Abstrak Pembelajaran adalah salah satu bentuk  penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. Dalam proses pembelajaran tersebut, guru   menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan yakni dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi dan mengembangkan diri. Pembelajaran bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah karena bahasa Inggris adalah bahasa asing dan  kebanyakan siswa belum membiasakan diri untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris di dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan karena minimnya kosa kata yang dimiliki. Penguasaan kosa kata  yang sangat minim menjadi faktor penghambat   dalam komunikasi verbal. Dengan demikian, guru dituntut untuk bisa menggunakan metode pengajaran yang  menarik. Ada beberapa teknik atau metode pembelajaran kosa kata  yang dapat dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Metode-metode tersebut adalah  metode visual, sentuhan, oral, demostratif, gambar, dan penjelasan. Di antara beberapa metode tersebut, metode demostratif lebih banyak diminati karena metode ini lebih fleksibel dan proses pembelajaran akan lebih menarik sebab siswa tidak hanya  sebagai pendengar, tetapi juga bisa melihat pada benda yang dimaksud.  Dengan melihat objek secara langsung, siswa memiliki kesempatan  untuk membandingkan teori dengan kenyataan sehingga kosa kata  yang mereka miliki  akan bertambah. Kata-kata kunci: Pembelajaran, Kosa kata, Metode demostratif efektif

Copyrights © 2011