Mimbar PGSD Undiksha
Vol. 10 No. 1 (2022): April

Modul Nusantara: Mengembangkan Karakter Mahasiswa dalam Kelas Multikultural

Deya Indriati (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Iis Nurasiah (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Irna Khaleda Nurmeta (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Beberapa mahasiswa menjadikan agama sebagai lelucon, ada pula mahasiswa yang memotong pembicaraan disaat temannya sedang berbicara. Sebagian mahasiswa merasa bangga menggunakan produk-produk luar negeri baik pakaian, handphone, dan semua yang melekat pada kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter yang terdapat pada mahasiswa dalam kelas multikultural di kegiatan modul nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian merupakan mahasiswa luring yang berjumalah 9 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat menekankan pada karakter toleransi dan cinta tanah air mahasiswa. Hal ini terlihat dari hasil presentasi sebesar 66% untuk karakter toleransi dan 67% untuk karakter cinta tanah air. Program modul nusantara yang mengedepankan nilai toleransi ini sangat penting bagi mahasiswa selain itu dapat mencegah terjadinya isu buruk sesama bangsa Indonesia. Program ini juga membuat mahasiswa bangga terhadap negaranya sendiri dan terciptanya nilai cinta tanah air dan rasa nasionalisme dalam diri mahasiswa.

Copyrights © 2022