Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Vol. 8 No. 1 (2022)

LITERASI ASESMEN BAHASA CALON GURU BAHASA JEPANG: PERSEPSI DAN PRAKTIKNYA

Amira Agustin Kocimaheni (Unknown)
Kisyani Laksono (Unknown)
Mintowati Mintowati (Unknown)
Didik Nurhadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi dan praktik calon guru bahasa Jepang tentang literasi asesmen bahasa. Responden penelitian ini adalah tujuh orang mahasiswa pendidikan bahasa Jepang yang telah menyelesaikan program praktik mengajar di sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah responden memiliki persepsi yang baik tentang literasi asesmen bahasa, namun kurang dapat menerapkannya dalam praktik pelaksanaan asesmen bahasa Jepang, khususnya pada tahapan penyusunan tes dan pelaksanaan analisis butir soal.  Hal ini menyiratkan bahwa responden sebagai calon guru bahasa Jepang masih perlu meningkatkan literasi asesmen bahasa dan praktiknya

Copyrights © 2022