Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 11 No. 2 (2021)

Analisis Gaya Bahasa Cerpen Pada Surat Kabar Mingguan Jawa Pos 2019

Novi Yaqutunnafis (Universitas Pendidikan Ganesha)
Sang Ayu Putu Sriasih (Universitas Pendidikan Ganesha)
Made Sri Indriani (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) penggunaan gaya bahasa dalam cerpen mingguan Jawa Pos, dan (2) gaya bahasa yang cenderung atau yang paling banyak muncul dalam cerpen mingguan Jawa Pos. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah cerpen pada surat kabar mingguan Jawa Pos edisi Juni-Oktober 2019. Objek penelitian adalah penggunaan gaya bahasa pada cerpen surat kabar mingguan Jawa Pos. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) gaya bahasa dalam cerpen mingguan Jawa Pos sangat beragam. Terdapat 19 jenis gaya bahasa, yakni gaya bahasa perumpamaan, metafora, personifikasi, alegori, antitesis, pleonasme, tautologi, perifrasis, hiperbola, litotes, sinisme, paradoks, metonimia, sinekdoke, eufemisme, asindenton, asonansi, tautotes, dan simploke. (2) gaya bahasa yang cenderung atau sering muncul dalam cerpen mingguan Jawa Pos, terdapat 8 jenis gaya bahasa, yakni gaya bahasa perumpamaan yang berjumlah 13, gaya bahasa metafora berjumlah 13, gaya bahasa hiperbola berjumlah 11, gaya bahasa antitesis berjumlah 10, gaya bahasa sinekdoke berjumlah 8, gaya bahasa persosifikasi berjumlah 6, gaya bahasa pleonasme berjumlah 5, dan gaya bahasa eufemisme dengan jumlah 5 data gaya bahasa. Kata Kunci: Cerpen; Gaya Bahasa; Jawa Pos.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...