Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol. 19 No. 1 (2022): Edisi Januari 2022

MULTIMEDIA INTERAKTIF TENTANG HARI PENCIPTAAN UNTUK ANAK SEKOLAH MINGGU DI GKT AMPENAN BERBASIS ANDROID

Komang Redy Winatha (STMIK STIKOM Indonesia)
Satrio Obednego Dirgantoro (STMIK STIKOM Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2022

Abstract

Hari penciptaan merupakan Firman Allah pertama yang ada di Alkitab dan juga merupakan salah satu kurikulum yang diajarkan pada anak – anak yang ada di Sekolah Minggu GKT Ampenan. Berdasarkan hasil observasi di lapangan dan wawancara dengan pembina di sekolah minggu GKT Ampenan, kekurangan pemahaman pengajar serta kurangnya konsentrasi anak membuat anak – anak masih kurang mengerti tentang hari penciptaan. Berdasarkan permasalahan yang muncul tersebut, maka dirancang sebuah multimedia interaktif berbasis android untuk membantu meningkatkan pemahaman anak mengenai hari penciptaan. Pengembangan multimedia interaktif, menggunakan metode cylic strategy. Dalam pembuatannya, multimedia interaktif ini dibutuhkan data – data mengenai pemahaman hari penciptaan pada anak sekolah minggu di GKT Ampenan. Hasil pengujian yang dilakukan terhadap ahli media, pengajar dan 10 orang anak sekolah minggu di GKT Ampenan, menunjukkan hasil dan tanggapan yang baik terhadap multimedia interaktif tentang hari penciptaan. Penyampaian secara interaktif dan menarik, meningkatkan pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan khususnya materi mengenai Firman Allah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, ...