Jurnal Nawala Visual
Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Nawala Visual Mei 2022

IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MEMVISUALISASIKAN PORTOFOLIO PEMODELAN 3D

Priya Wintar Yuhanto (Sekolah Tinggi Multi Media)
Atmaja Septa Miyosa (Sekolah Tinggi Multi Media)



Article Info

Publish Date
02 May 2022

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan inovasi teknologi dalam meningkatkan interaksi antara manusia dengan mesin. Teknologi AR memungkinkan suatu benda yang sebelumnya hanya dapat dilihat secara dua dimensi (2D), dapat muncul sebagai obyek virtual tiga demensi (3D) yang dimasukkan ke dalam lingkungan nyata secara real-time. Aplikasi media visualisai portofolio pemodelan 3D ini dapat mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi secara nyata (real-time), detail dan jelas. Kegunaan Portofolio dalam bidang seni adalah sebagai bukti hasil kerja atau karya yang pernah dibuat oleh seorang seniman ataupun kumpulan dokumen seseorang, kelompok, lembaga, organisasi, perusahaan atau sejenisnya yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Portofolio dapat dipakai untuk menunjukkan kepada pihak lain dalam rangka bisnis dan kepentingan tertentu. Aplikasi visualisasi portofolio pemodelan 3D ini akan membantu dalam menyampaikan karyanya secara sederhana, cepat dan tepat. Hasil menunjukkan bahwa pengguna dapat melihat bagian sistem secara fungsional menghasilkan gambar sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi media visualisasi portofolio pemodelan 3D ini dapat memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi secara realtime (nyata), detail dan informatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nawalavisual

Publisher

Subject

Arts

Description

Ruang lingkup artikel dalam Jurnal Nawala Visual meliputi ontology ilmiah, epistemology dan aksioma Desain Komunikasi Visual (DKV), yang meliputi: (a) semiotika visual, (b) ikonografi, (c) ilustrasi, (d) tipografi, (e) ) fotografi, (f) animasi, (g) periklanan, (h) strategi branding, (i) identitas ...