Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi
Vol 12, No 1 (2021)

Perilaku Prososial Siswa dan Implikasi Program dalam Bimbingan Pribadi Sosial

Kharisma Berlianti Balengka (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Deasy Yunika Khairun (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Rahmawati Rahmawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perilaku prososial pada siswa 11 IPS SMA Negeri 1 Kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Probability Sampling dengan metode Propotional Random Sampling menggunkan angket. Partisipan dalam penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1-4  yang berjumlah 142 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran perilaku prososial siswa terbagi menjadi tiga kategori, yaitu tinggi dengan presentase 20%, kategori sedang dengan presentase 63%, dan kategori rendah dengan presentase 17%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan adanya potensi rendahnya perilaku prososial sedang dan rendah sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan perilaku prososial bagi siswa. Upaya tersebut diimplikasikan dalam pembuatan program Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial untuk meningkatkan perilaku prososial siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

personifikasi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Personifikasi : Jurnal Ilmu Psikologi is a scientific journal in Psychology published by Psychology Program of Universitas Trunojoyo Madura. Personifikasi aims to facilitate the process of interaction, discussion, and further discussion of the development of psychology in Indonesian society. ...