JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL LOCANA

KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI PESERTA DIDIK KELAS VII-D SMP NEGERI 15 BANJARMASIN

Nabila Ika Santi (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Jumadi (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Ahsani Taqwiem (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kemampuan menulis cerita fantasi peserta didik Kelas VII-D SMP Negeri 15 Banjarmasin berdasarkan aspek judul, orientasi, komplikasi, resolusi, orisinalitas ide, dan kreativitas pengembangan cerita. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa kemampuan menulis cerita fantasi peserta didik yang memenuhi kriteria baik: ada 12 (60%) orang pada aspek judul; ada 19 (95%) orang pada aspek orientasi; ada 7 (35%) orang pada aspek komplikasi; ada 13 (65%) orang pada aspek resolusi; ada 6 (30%) orang pada aspek orisinalitas ide; ada 9 (45%) orang pada aspek kreativitas pengembangan cerita. Berdasarkan seluruh aspek yang telah diteliti, peserta didik SMP Negeri 15 Banjarmasin yang tergolong terampil ada 4 (20%) orang; peserta didik yang tergolong cukup terampil ada 4 (20%) orang; dan peserta didik yang tergolong kurang terampil ada 12 (60%) orang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTAM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Arah riset yang dilakukan antara lain menyentuh ranah kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, serta bahasa dan sastra Indonesia secara umum. ...