ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics
Vol 4 No 1 (2022): Volume 4, Nomor 1, April 2022

Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Mobile sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Game Development Life Cycle untuk Siswa Sekolah Dasar

Naela Nur Choiriyah (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Fatra Nonggala Putra (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Tyas Alhim Mubarok (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Game saat ini mengalami perkembangan sangat pesat yang menjamur di seluruh dunia. Jangkauan penggunanya pun mulai dari anak-anak sampai dewasa. Tujuan utama dari dari pembuatan game adalah untuk memberikan hiburan. Selain itu game juga bisa dimanfaatkan sebagai media edukasi. Game edukasi lebih menekankan pada konsep bermain sambal belajar. Di SD Kepanjelor I Kota Blitar khususnya siswa kelas V masih banyak yang mengangap Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran yang sulit. Apalagi dengan gaya belajar dan mengajar guru yang hanya berpaku pada buku membuat anak-anak cepat bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan suatu game edukasi yang dapat membantu siswa sekolah dasar khususnya kelas V dalam mempelajari Bahasa Inggris dengan lebih mudah dan menyenangkan melalui media game berbasis mobile. Dalam pembuatan aplikasi metode yang digunakan yaitu Game Development Life cycle (GDLC), dimana pada pengumpulan datanya menggunkan metode obserVasi, wawancara, analisis system, kuisioner serta studi pustaka. Hasil dari penlitian ini adalah kemudahan bagi siswa sekolah dasar kelas V khususnya di SD Kepanjenlor I Kota Blitar dalam belajar Bahasa Inggris, serta tercipta suasana belajar yang menyenagkan yang lebih efektif serta efisien.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ilkomnika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

ILKOMNIKA: Journal of Computer and Applied Informatics is is a peer reviewed open-access journal. The journal invites scientists and engineers throughout the world to exchange and disseminate theoretical and practice-oriented topics of computer science and applied informatics which covers five (5) ...