Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
Vol 4 No 1 (2022)

Penerapan Teori Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika

Fandhila Aprilia Rahmawati (Universitas Muria Kudus)
Jayanti Putri Purwaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2022

Abstract

Tujuan penyusunan artikel mengenai teori Vygotsky pada pembelajaran matematika merupakan pemebelajaran generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna menurut apa yg dipelajari. Penilaian menjadi poin penting, akan tetapi metode yang mengaitkan aturan serta prosedur pada pembelajaranpun adalah poin penting. Dalam proses belajar, output belajar, cara belajar, dan taktik belajar akan menghipnotis perkembangan rapikan pikir dan skema berpikir seseorang. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah studi literatur mengenai Teori Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Penelitian kepustakaan (Library research) merupakan serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang objek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan (buku,ensikolpedia, dokumen, dan jurnal ilmiah). Lev Semenovich Vygotsky merupakan tokoh penting dalam konstruktivisme sosial. Vygotsky menyatakan bahwa siswa dalam mengkonstruksi suatu konsep perlu memperhatikan lingkungan sosial. Konsep penting dalam teori Vygotsky, yaitu Zone of Proximal Development (ZPD) merupakan jarak antara tingkat perkembangan aktual dan tingkat perkembangan potensial dan scaffolding merupakan pemberian bantuan kepada siswa selama tahap-tahap awal pembelajaran. Aplikasi pemikiran Vygotsky untuk mempelajari matematika menumbuhkan pemahaman matematika dari koneksi pemikiran dengan bahasa matematika yang baru dalam mengkreasipengetahuan. Mengkonstruksi pengetahuan merupakan fokus yang krusial dari pembelajaran Matematika. Vygotsky percaya bahwa siswa belajar untuk menggunakan bahasa baru dengan internalisasi pengetahuan dari kata yang mereka katakan, pengembangan budaya siswa dari pengetahuan kata dua proses fungsi. yaitu pada tingkat sosial dan pada tingkat individual.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Unirow dengan p-ISSN: 2684-6810 dan e-ISSN: 2657-0580 diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe Tuban yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan Oktober. Naskah yang dikirim dapat berupa tulisan yang diangkat dari hasil ...