cover
Contact Name
Edy Nurfalah
Contact Email
+628175019669
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalrpm@gmail.com
Editorial Address
Prodi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Jl. Manunggal No. 61 Tuban, 62381
Location
Kab. tuban,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
ISSN : 26846810     EISSN : 26570580     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Unirow dengan p-ISSN: 2684-6810 dan e-ISSN: 2657-0580 diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe Tuban yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan Oktober. Naskah yang dikirim dapat berupa tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran matematika.
Articles 55 Documents
PENGUJIAN VALIDITAS DAN RELIABILITAS KONSTRUK INSTRUMEN KREATIVITAS MAHASISWA PADA MODEL COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) Heni Purwati; Aryo Andri Nugroho
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.255 KB) | DOI: 10.55719/jrpm.v1i1.61

Abstract

This study aims to examine the validity and reliability of the construct of creativity instruments, determine the contribution of aspects and indicators of creativity in measuring the creativity variable and confirm the hypothesized model that is the suitability of the model with data using the Second order confirmatory factor analysis (2nd Order CFA). The population in this study were second semester students of mathematics education at the University of PGRI Semarang with a total sample of 105 students. Samples were taken using non-probability sampling techniques. Data analysis was performed using the Linear Structural Model (LISREL) version 8.8. The results of the analysis indicate that aspects of fluency, flexibility, originality and elaboration, are able to reflect creativity variables positively, validly and significantly which are supported by behavioral indicators of each aspect. The theoretical model of the creativity variable is fit with empirical data. Valid and significant and reliable aspects of creativity to measure student creativity. The most dominant aspect that reflects creativity is the originality aspect and the weakest aspect is flexibility.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN DENGAN MEDIA POHON MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP Ika Apris Liyawati; Heny Sulistyaningrum
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.265 KB) | DOI: 10.55719/jrpm.v1i1.62

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh minat belajar matematika siswa masih kurang, proses pembelajaran yang terjadi kurang efektif. Oleh karena itu diperlukan pemilihan model dan media pembelajaran yang salah satunya adalah model pembelajaran Osborn dengan media Pohon Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran dan media pembelajaran yang diterapkan. Subjek penelitian ini adalah kelas VII C SMPN 1 Semanding tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan respon siswa yang diperoleh dengan metode tes dan angket. Analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, Penerapan model pembelajaran Osborn dengan media Pohon Matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP. Hal ini dapat ditunjukan dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I, II, dan III yaitu (60,47; 68,44 dan 86,25) dan prosentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III adalah (46,88%; 75%; 93,75%). Respon siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan pada setiap aspek selama pembelajaran yang berada pada keterangan senang yaitu 92,58%, sehingga dapat dikatakan bahwa respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Osborn dengan media Pohon Matematika adalah positif.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI LOGIKA MATEMATIKA Imam Saifuddin
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.033 KB) | DOI: 10.55719/jrpm.v1i1.63

Abstract

This study aims to determine the problem solving abilities students of mathematical logic. The approach used is a qualitative approach and descriptive statistics, namely with qualitative data used in the form of observations of the steps of problem posing and students problem solving abilities when learning takes place. Data in the form of test results of student work and data collection conducted interviews with 3 subjects representing various levels, namely students with low, medium and high abilities. The results showed that: a) students did not understand the problem such as not linking information obtained; b) students are less able to arrange steps to plan settlement well; c) students do not carry out plans on all questions; d) students cannot make conclusions.
PROFIL KREATIVITAS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR Siti Ariyanti; Warli Warli; Puji Rahayu
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.808 KB) | DOI: 10.55719/jrpm.v1i1.64

Abstract

This study aims to describe the profile of junior high school students' creativity in solving mathematical problems in terms of learning styles. The type of this research is descriptive qualitative. Research subjects are junior high school students with visual, auditory, and kinesthetic style. Research subjects were 6 students, consisting of 2 students in visual learning style, 2 auditorially-style students, and 2 students of kinesthetic learning style. The results of research are as follows: The visual creativity profile of the students in visual learning style tends to be low in solving math problems. Audience-style student creativity profiles tend to be high in solving mathematical problems. And the students' creativity profile with kinesthetic learning tends to be very low in solving math problems.
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 1 JENU BERDASARKAN LANGKAH FACION PADA POKOK BAHASAN JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM Yuni Afifah; Edy Nurfalah
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.978 KB) | DOI: 10.55719/jrpm.v1i1.65

Abstract

Each student has a different level of critical thinking ability, while critical thinking is a basic ability that students must possess. The purpose of this study is to describe students' critical thinking skills based on Facion steps on the subject lines and trapezoidal. This research is a descriptive study using quantitative and qualitative data. The research instrument used was in the form of critical thinking ability test questions and interview guidelines. The research subjects used were 32 students while the study sample analyzed the data as many as 3 students who entered the 3 categories of high, medium, and low critical thinking skills. The data analysis technique used in the form of descriptive statistical data analysis developed based on indicators of thinking, namely interpretation, analysis, evaluation, and inference. The results of this study indicate that students' critical thinking skills based on Facion steps on the subject line and trapezoid class VII-D SMP Negeri 1 Jenu 2017/2018 school year are generally in the low category with an average score of 64.82.
APLIKASI LOGIKA FUZZY UNTUK MENENTUKAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) Siti Maslihah
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.94 KB) | DOI: 10.55719/jrpm.v1i1.66

Abstract

This research is motivated by the regulation of Government Regulation No. 55 of 2013 concerning the Single Tuition Policy (UKT) at the State Higher Education Institution. The UKT is related to the education costs that must be paid by students according to the economic conditions of students. The implementation of this regulation still faces several obstacles, including the appeal of UKTs that occur every year since the enactment of this rule. This appeal was driven by a sense of dissatisfaction from parents of students towards the UKT group that was imposed on their sons / daughters. Departing from the problem, the researcher wants to apply an application to assist in determining the student UKT class based on fuzzy logic (fuzzy logic). The methods used in this study are literature studies, documentation and interviews with related parties. Literature studies are used to create a UKT group determination program, documentation is used to record data that has been uploaded by students during registration, and interview methods to extract information needed from data sources. The results of this study are a program that utilizes the Fuzzy Inference System in the MATLAB toolbox. The program trial was conducted on 96 students and the results showed that there were differences in the acceptance of UKT funds when using non-fuzzy programs and with fuzzy programs. The results obtained are there are differences in university acceptance of 0.203% greater by using fuzzy programs. From this study it can be concluded that fuzzy logic can be used to determine the student UKT group with the help of fuzzy inference system in the MATLAB toolbox.
PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED Kus Indah Puji Lestari; Akhmad Nayazik; Destia Wahyu Hidayati
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.334 KB) | DOI: 10.55719/jrpm.v1i2.87

Abstract

Pentingnya kreativitas dalam pemecahan masalah serta kondisi yang dialami siswa SMPN 24 Semarang bahwa kreativitas masih menjadi kendala sampai saat ini. Permasalahan dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematis diperlukan strategi pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan open-ended diatas KKM. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis metodologi penelitian adalah penelitian eksperimental. Peneliti melakukan eksperimen dengan tujuan yang jelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas saling berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah, yang menunjukan adanya hubungan positif antara variabel bebas dengan variabel terikat saling berpengaruh. Hasil Penelitian dapat disimpulkan: (1) Berdasarkan penelitian menggunakan pendekatan open ended siswa memiliki nilai diatas kkm. (2) Kreativitas berpengaruh terhadap penyelesaian masalah matematis terlihat dari hasil analisiss regresi menunjukkan nilai sig 0,002 < 0,05. Kata kunci : Pendekatan Open Ended, Kreativitas, Pemecahan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY Iis Neini Rohimah; Rita Yuliastuti
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.783 KB) | DOI: 10.55719/jrpm.v1i2.102

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Muhammadiyah 2 Palang. Hal tersebut terjadi karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami, merencanakan, melaksanakan, memeriksa kembali yang ada pada soal yang diberikan. Dalam proses pembelajaran matematika cenderung guru lebih aktif dari pada siswa. Peneliti berharap dengan menggunakan pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa (2) Mendeskripsikan respon siswa. Dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dan metode angket respon kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Palang dengan sampel kelas VIII-A dengan jumlah siswa laki – laki 12 siswa dan perempuan 12 siswa . Data yang di analisis dalam penelitian ini adalah data tes kemampuan pemecahan masalah siswa dan data angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 30%, siklus II mencapai 50% dan siklus III mencapai 86%. Kesimpulannya adalah bahwa model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Palang Tahun Ajaran 2017/2018. Dan data respon siswa terhadap model pembelajaran TSTS diperoleh 78,05% siswa yang memberikan respon positif.
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA KUBUS SATUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Sri Wulan
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.369 KB) | DOI: 10.55719/jrpm.v1i2.103

Abstract

Penelitian ini didasari oleh latar belakang bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, metode pembelajaran yang digunakan masih ceramah, tanya jawab dan kurangnya media pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, penulis menggunakan model pembelajaran STAD untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah: (1) Menjelaskan hasil belajar matematika (2) Menjelaskan kegiatan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (3) Menjelaskan respon siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan unit media kubik untuk kelas V siswa SDN Kingking I. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, lembar tes, dan lembar dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa minimal 75. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Kingking I Tahun Akademik 2017/2018 dengan jumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama ketuntasan hasil belajar adalah 70,59% pada siklus kedua 76,47% dan pada siklus ketiga menjadi 88,24%. Aktivitas siswa juga 57,56% pada siklus pertama meningkat menjadi 62,60% dan siklus ketiga 80,04%. Selain itu respon siswa adalah 50,59% pada siklus pertama pada siklus kedua 65,88% meningkat menjadi 84,72% pada siklus ketiga. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media unit cube dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Kingking I Tahun Akademik 2017/2018. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Mutmainnah Mutmainnah; Edy Nurfalah
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.496 KB) | DOI: 10.55719/jrpm.v1i2.104

Abstract

The purpose of this study was to describe student activities, increase learning outcomes and student responses during the learning process with PBL Model with a scientific approach to building materials for cubes, beams and prisms in class VIII D MTs Gandrirojo Sedan in 2017/2018. The subjects of this study were students of class VIII D MTs Gandrirojo Sedan totaling 34 students consisting of 18 sons and 16 girls. Data collection techniques come from students in the form of observations, tests and questionnaires. The results showed that PBL learning can improve student activity, learning outcomes and responses. This can be seen from the percentage of student activities that fall into the active category in the first cycle reaching 55.88%, the second cycle reaching 79, 41%, and the third cycle reaching 91.17%. While the percentage of mathematical learning completeness of students in the first cycle reached 61.76%, in the second cycle reached 91.17%, and in the third cycle it reached 100%. Student responses to learning are also positive. This can be seen from the results of the response questionnaire which showed that 97% of students responded positively. For this reason, learning activities using the PBL learning model can improve student activities and learning outcomes.