Jurnal Kultur Demokrasi
Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Kultur Demokrasi

Pengaruh Pembelajaran Tematik terhadap Perkembangan Civic Knowledge Di SDN 1 Rejosari

Ema Triyani (Unknown)
Hermi Yanzi (Unknown)
Devi Sutrisno Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2020

Abstract

The purpose of this research was to know the influence of thematic learning on the development of civic knowledge students at SDN 1 Rejosari. The subject were of this research were 5th grade student at  SDN 1 Rejosari which amounted to 30 respondents. A tool to analyze the data in this research was SPSS 16. The results showed that there was a strong influence of thematic learning on civic knowledge of 5th grade students by 73.1%. It was mean that the thematic learning influential on the development of civic knowledge of 5th grade students at SDN 1 Rejosari. The more thematic learning was implemented well, the better civic knowledge of 5th grade students at SDN 1 Rejosari.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tematik terhadap perkembangan civic knowledge peserta didik di SDN 1 Rejosari. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 1 Rejosari yang berjumlah 30 orang responden. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara pembelajaran tematik terhadap perkembangan civic knowledge peserta didik kelas V sebesar 73.1% dengan indikator variabel independen (X) yaitu: berpusat kepada peserta didik, memberikan pengalaman langsung, dan memberikan konsep dari beberapa mata pelajaran yang ada dalam tema dengan variabel dependen (Y) yaitu: identitas Nasional (nilai-nilai Pancasila), Hak dan kewajiban (tanggung jawab), dan identitas nasional (Bhinneka Tunggal Ika). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik berpengaruh sebesar 73.1% terhadap perkembangan civic knowledge peserta didik kelas V SDN 1 Rejosari.Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Civic Knowledge

Copyrights © 2020