JKJO
Vol. 3 No. 1 (2019): TERBITAN MEI 2019

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SKILL-DRILL-GAME TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PENDIDIKAN JASMANI

Aris Risyanto (Universitas Subang)



Article Info

Publish Date
01 May 2019

Abstract

Untuk memperoleh pembelajaran kondusif yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai, maka harus ada motivasi dari siswa dalam menyerap materi ajar yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Skill-Drill-Game (SDG) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 2 Sidamulih, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sidamulih yang berjumlah 94 siswa, sedangkan siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 siswa, diambil menggunakan metode sampling sitematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t-test paired two sample for means, seluruh perhitungan dihitung dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS statistics 18. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran SDG berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pendidikan jasmani.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JKJO

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga adalah jurnal yang diterbitkan oleh PJKR STKIP NU Indramayu. Jurnal ini akan mempublikasi hasil penelitian tentang pendidikan jasmani dan olahraga yang sesuai dengan isu penting yang berhubungan dengan pendidikan jasmani dan olahraga yang ...