Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Vol. 5 No. 3 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2022

Fear of Missing Out dan Korean Wave : Implikasinya pada Keputusan Pembelian Kosmetik asal Korea

Nurul Syafaah (Universitas STIKUBANK)
Ignatius Hari Santoso (Universitas STIKUBANK)



Article Info

Publish Date
15 May 2022

Abstract

Riset ini berupaya untuk mengkonfirmasi kembali peran konstruk Fear of Missing Out,Brand Ambassador dan Korean Wave atas niat beli kosmetik asal Korea bila dibandingkan dengan kosmetik Scarlett Whitenning. Dengan menggunakan 100 sampel yang diambil dari berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang,dan Yogyakarta, riset ini kembali membuktikan bahwa fenomena fear of missing out dan Korean wave mampu menjadi prediktor yang signifikan atas niat beli produk kosmetik asal Korea. Hubungan antar konstruk diuji dengan menggunakan program Smart PLS versi 3 dengan teknik path analysis. Hal baru yang ditemukan dalam riset ini adalah meskipun kosmetik merek Scarlett Whitenning adalah produk yang sudah cukup terkenal dan memiliki harga yang relatif terjangku, namun responden lebih memilih produk kosmetik asal Korea berdasarkan besarnya kekhawatiran akan tidak diakuinya eksistensinya dalam kelompok afiliasinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-inobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, ...