Vidya Karya
Vol 37, No 1 (2022)

PENGARUH MODUL DIGITAL BERBASIS CULTURE LITERACY DIGITAL WETLAND (CLDW) KONSEP JAMUR TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA

Tiara Ayuningtyas (Universitas Lambung Mangkurat)
Aminuddin Prahatama Putra (Universitas Lambung Mangkurat)
Nurul Hidayati Utami (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Teaching and learning activities changed during a pandemic, namely distance learning that utilized online learning. Teaching and learning activities involve technology in packaging the material to be taught to students. One of which uses a digital module. This study describes the effect of using CLDW based digital modules on the fungi concept on students' generic science skills and responses. This study uses a quasi-experimental approach with The Non-Equivalent Control Group Design, with the research sample being class X students at SMAN 7 Banjarmasin. Analyzing data on generic science skills used the N-Gain Score test and obtained an N-gain Score of 56,72%. Based on this study's results, there is an effect of applying the CLDW digital module to students' generic science skills. Suggestions for this research, student participation and response in online learning are less than optimal. It is necessary to make habituation and active participation between teachers and students to overcome this.Keywords: CLDW; Digital Module; Fungi; Independent Learning; Science Generic SkillsSelama pandemi COVID-19, kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan yaitu penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang memanfaatkan pembelajaran online. Kegiatan belajar mengajar melibatkan teknologi dalam mengemas materi yang akan diajarkan kepada siswa. Salah satunya dengan menggunakan modul digital. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan penggunaan modul digital berbasis CLDW pada konsep jamur terhadap keterampilan generik sains siswa dan respon siswa saat menggunakan modul yang terintegrasi dengan CLDW. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan the non-equivalent control group design dengan sampel penelitian sebesar 38 siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 4 di SMAN 7 Banjarmasin. Teknik analisis data keterampilan generik sains menggunakan tes N-Gain Score dan memperoleh hasil nilai N-Gain Score 56,72%, sedangkan respon siswa dianalisis secara deskripstif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan modul digital CLDW terhadap keterampilan generik sains siswa. siswa respon siswa selama penggunaan modul yang terintegrasi pada CLDW berada pada kategori setuju. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diperlukan pembiasaan dan partisipasi aktif siswa.Kata Kunci:  CLDW; Modul Digital; Jamur; Belajar Mandiri; Keterampilan Generik Sains

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JVK

Publisher

Subject

Education

Description

Vidya Karya terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober, berisi artikel hasil penelitian dan kajian analitis krtitis setara dengan hasil penelitian di bidang teori dan atau praktik ...