Jurnal Dinamika Informatika (JDI)
Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Dinamika Informatika

PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MEMPELAJARI ILMU TAJWID USE OF AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY IN STUDYING TAJWID SCIENCE USING AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY IN STUDYING TAJWID SCIENCE

Arip Febrianto (Jurusan Teknik Informatika, Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2019

Abstract

Intisari Pada era globalisasi saat ini, anak cenderung lebih jenuh dan minat belajar membaca Al -Qur’an menjadi berkurang dikarenakan para pengajar menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode pemberian tugas, dan metode Iq’ra dalam mempelajari ilmu tajwid. Metode penelitian yaitu library research. Penilitian ini berisikan cara mempelajari ilmu tajwid dengan pemanfaatan perangkat ajar interaktif menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Tujuan penelitian ini untuk mempelajari tentang huruf-huruf hijayah serta hukum bacaan tajwid dengan menggunakan metode Augmented Reality, serta memvisualisasikan citra pada marker secara realtime (langsung) untuk memberikan penjelasan kepada para pengguna aplikasi ini. Aplikasi ini dimanfaatkan agar pengguna dapat memahami bagaimana cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Teknologi AR ini menggabungkan unsur Audio, Gambar, dan Video Animasi yang bertujuan agar menambah minat anak untuk belajar membaca Al -Qur’an sekaligus menambah wawasan tentang Multimedia. AR merupakan kemajuan dari sebuah metoda teknologi yang menjanjikan dan bisa memotivasi pengguna untuk terlibat dalam sistem pembelajaran yang lebih aktif. Kata kunci : Augmented Reality, pembelajaran interaktif, ilmu tajwid Abstract In the current era of globalization, children are more saturated and the interest of learning to read the Qur'an is reduced because the teachers use lecture method, question and answer method, the method of replacement, the method of ijih, the method of ijih. The research method is literature research. This research contains the way of science of tajwid with the utilization of interactive teaching tools using Augmented Reality (AR) technology. The purpose of this study is to find out about the letters hijayah and reading tajwid law using Augmented Reality method, and visualize the image in realtime view (direct) to give explanation to the users of this application. This application is utilized in order to understand how to read the Qur'an is good and true. This AR technology plays the appropriate Audio, Image, and Video Animation elements to increase the child's interest in learning to read Al-Qur'an while adding insight into Multimedia. AR is the advancement of a promising technology method and can motivate users to engage in more active learning systems. Keywords: Augmented Reality, interactive learning, science of tajwid

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jdi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Enterprise Systems (ES) Enterprise Resource Planning Business Process Management Customer Relationship Management Marketing Analytics System Dynamics E-business and e-Commerce Marketing Analytics Supply Chain Management and Logistics Business Analytics and Knowledge Discovery Production Management ...