PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Vol 9, No 1 (2022): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

KREATIVITAS MENGAJAR GURU DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI

Taufiq Tsany Mahmud (Unknown)
Jonet Ariyanto Nugroho (Universitas Sebelas Maret)
Khresna Bayu Sangka (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
14 May 2022

Abstract

This study aims to determine the effect of teacher creativity and parent attention contributions to learning motivation of students, teacher creativity on the learning motivation, and the effect of parent attention to the learning motivation. This research is a descriptive quantitative with the pupulation is student from SMKN in Sukoharjo regency, with number of sample was 343 student. The results of this study obtained that the F-count is higher than the F-table (67.068 > 3.00), so that the two independent variables have a simultaneous effect. The results of the T-count variables for teacher instructional creativity and parental attention were 3.802 and 8.434, respectively. Both are above the T-table (1.966). So that the two independent variables have a partial effect on students' learning motivationTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, dan mengetahui pengaruh kreativitas mengajar guru dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasinya adalah siswa SMK Negeri se kabupaten Sukoharjo. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 343 siswa. Pengumpulan datanya adalah menggunakan kuisioner, dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini didapatkan kreativitas mengajar guru dan perhatian orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan yang ditunjukkan dari nilai F hitung (67,068) lebih besar dari F tabel (3,00). Signifikan diperoleh dari uji hipotesis dengan uji F yang bernilai 0,00 yang mana lebih kecil dari pada 0,05. Analisis koefisien determinasi vaiabel kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa diperoleh hasil sebesar 6,97%, perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa diperoleh hasil sebesar 21,28% dan sebesar 77,3% dipengaruhi variabel di luar penelitian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

PROFIT : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Ekonomi dan kajian Ilmu Ekonomi lainnya, berupa penelitian dasar, perancangan, dan pengembangan teknologi, serta kajian teoritis. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun (Mei dan ...