Jurnal Pendidikan Anak
Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Anak

Needs assessment Pengembangan Model Pelatihan dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik di TPA Yoga Santi Yogyakarta

Arumi Savitri Fatimaningrum (Universitas Negeri Yogyakarta)
Puji Yanti Fauziah (Universitas Negeri Yogyakarta)
Martha Christianti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Muthmainah Muthmainah (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali fokus permasalahan dan skala kebutuhan untuk mengembangkan model pelatihan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik para pendidik di TPA Dharma Yoga Santi Yogyakarta. Penelitian ini merupakan bagian dari metode Research and Development dari Borg Gall yang difokuskan pada tahap penelusuran Subjek penelitian adalah satu (1) orang kepala sekolah dan empat (4) orang pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada tahap penelusuran ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait dengan 8 Standar PAUD. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelusuran menghasilkan fokus permasalahan dan skala kebutuhan dari model pelatihan untuk para pendidik di TPA Dharma Yoga Santi. Hasil needs assessment selanjutnya digunakan untuk membuat rancangan model pelatihan, kemudian diajukan untuk pengujian ahli (expert judgement) dan uji lapangan sehingga dapat diketahui efektivitas dari pengembangan model pelatihan ini.

Copyrights © 2021