Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 2 (2021): Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika

DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS AWAL SISWA SMP NEGERI 2 BUA KELAS VIII MELALUI PENDEKATAN INQUIRY

Dahniar Dahniar (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Salwah Salwah (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Shindy Ekawati (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa SMP Negeri 2 Bua Kelas VIII melalui pendekatan inquiry pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bua yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu; (1) tes kemampuan berpikir kritis matematis awal, (2) LKS. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif dimana peneliti melakukan reduksi terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kemampuan tinggi yaitu terletak pada indikator focus,reason dan overview, kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kemampuan sedang yaitu terletak pada indikator focus dan reason dan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kemampuan rendah yaitu terletak pada indikator focus.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...