Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 02 (2021): September 2021

Pembelajaran Mengenal Konsep Bilangan Matematika pada Anak

Drajat Stiawan (Institut Agama Islam Negeri Pekalongan)
Nur Mustaqimah (Institut Agama Islam Negeri Pekalongan)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2021

Abstract

Pada tahap pra operasional anak mulai menunjukan proses berfikir yang jelas serta anak mulai mengenali beberapa simbol, tanda, bahasa, dan gambar. Konsep bilangan menjadi sangat penting karena merupakan konsep matematika yang harus dikuasai oleh anak, karena akan menjadi dasar bagi penguasaan konsep matematika selanjutnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di PAUD Bugenvil kebulen pekalongan barat serta kendalanya. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dengan model analisis milles dan huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di PAUD Bugenvil Kebulen dengan menggunakan media piring angka, media pom-pom, dan media kartu angka bergambar. Dengan media-media tersebut anak-anak mampu mengenal konsep bilangan, meskipun masih terdapat 3 anak yang belum optimal dalam mengembangkannya, namun ada 5 anak yang kemampuan dalam mengenal konsep bilangan berkembang dengan adanya penerapan dengan media-media tersebut. Walaupun masih terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran mengenal konsep bilangan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

circle

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even ...