Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 3, No 2 (2022)

Efektivitas Pendekatan SAVI Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMPN 2 Longkib Subulussalam

Sri Nengsih (Prodi pendidikan fisika FTK UIN Ar-Raniry B Aceh)
Irpan Ependi (Prodi Pendidikan Fisika, FTK, UIN Ar-Raniry)
Ida Meutiawati (Prodi Pendidikan Fisika, FTK, UIN Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Inovasi oleh guru dalam pembelajaran sangat diperlukan untuk mencapai hasil belajar peserta didik yang lebih baik.  Melalui Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intektual) dalam pembelajaran, peneliti ingin mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik di SMPN 2 Longkib Subulussalam. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kauntitatif dengan  metode pre-eksperimen berdesain the one group pre-test post test desaign. Kelas VIII SMP Negeri 2 Longkib Kota Subulussalam pada tahun ajaran 2021/2022 telah dipilih sebagai kelas Sampel pada penelitian ini. Data penelitian diperoleh melalui soal tes dan angket yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan untuk nilai rata-rata pre-test sebesar 31,95 dan nilai rata-rata post-test 78,86. Sedangkan respon peserta didik terhadap pendekatan SAVI dalam pembelajaran diperoleh dari data angket sebesar 62,6 %. Melalui uji t diperoleh nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,005 yang berarti  H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa  pendekatan SAVI telah berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 2 Longkib Kota Subulussalam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...