Study & Management Research
Vol 10 No 3 (2013): SMART (Study & Management Research)

Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah

Budi Djatmiko (STIE STEMBI – Bandung Business School)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2013

Abstract

Customer Relationship Marketing (CRM) sudah menjadi sebuah praktek yang umu dilakukan oleh berbagai organisasi bisnis termasuk perbankan. tujuannya adalah untuk mempertahankan pelanggan atau menjaga loyalitas pelanggan. penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh CRM terhadap loyalitas nasabah penabung pada Bank BRI Unit Sudirman Bandung.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis verifikatif. Dengan sampel nasabah penabung Simpedes dan Britama sebanyak 120 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan multiple regression. Dimensi CRM yang diteliti adalah Financial Bond, Social Bond, dan Customization Bonds.Hasil penelitian memperlihatkan baik secara simultan maupun secara parsial, CRM yang terdiri atas Financial Bond, Social Bond, dan Customization Bonds berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil ini memberikan rekomendasi kepada BRI untuk memperkuat CRM agar loyalitas nasabah dapat dipertahankan.Kata Kunci : Financial Bonds, Social Bond, Customization Bond, Loyalitas.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jurnalsmart

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal SMART merupakan wadah untuk mengembangkan dan mempublikasikan berbagai hasil kajian bidang Ilmu Ekonomi, khususnya Ilmu Manajemen dan Bisnis. Jurnal ini dirancang untuk diterbitkan 3 kali dalam setahun (4 bulanan). Demi menjaga konsistensi penerbitan jurnal ini, redaksi mengundang sidang ...