Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 6, No 1 (2022)

Uji Kelayakan Panduan Praktikum Genetika Materi DNA Berbasis Inkuiri Terbimbing

Rusnelly Isrika Rz (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Jodion Siburian (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Afreni Hamidah (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan panduan praktikum genetika materi DNA berbasis inkuiri terbimbing agar layak digunakan pada kegiatan praktikum. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian & Pengembangan/ R & D (Research and Development), model ADDIE. Tahapan analisis dilakukan untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan mahasiswa dalam memahami materi DNA. Tahapan desain meliputi perancangan tampilan panduan dan isi. Tahap selanjutnya adalah pengembangan dan validasi produk. Validasi produk bertujuan untuk menilai kelayakan produk yang dilakukan oleh validator media dan materi. Setelah validasi produk, selanjutnya dilakukan uji coba pada kelompok kecil  (melibatkan 6 mahasiswa) dan uji coba kelompok besar (melibatkan 15 mahasiswa. Uji coba produk bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap panduan praktikum yang dikembangkan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan menggunakan pengukuran skala likert. Hasil validasi materi adalah 66,67% (kategori baik) dan validasi media adalah 88% (sangat baik). Hasil uji coba pada kelompok kecil adalah  88,16% (kategori sangat baik) dan hasil uji coba pada kelompok besar 84,40% (kategori sangat baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum genetika berbasis inkuiri terbimbing pada materi DNA layak untuk digunakan pada kegiatan praktikum.Keywords: DNA, Inkuiri terbimbing, Panduan, Praktikum

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...