Skripsi ini membahas tentang Peran guru Pkn dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan pada kelas III SDN 1 Momalia. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mendeskripsikan tentang proses kesadaran siswa peduli lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran guru pkn dalam meningkatkan kesadaran lingkungan hidup siswa kelas III SDN 1 Momalia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peran guru sangat mempengaruhi sikap peduli siswa terhadap lingkungannya yaitu: siswa menjadi lebih hemat akan sumber daya yang ada, seperti lebih hemat dalam menggunakan air, mencegah pencemaran udara dengan menanam pohon di sekitar sekolah dan rumah, mencegah pencemaran air dengan tidak membuang sampah di sungai, mencegah pencemaran tanah dengan membuang sampah pada tempatnya, dan yang terahir adalah hemat energi melalui pemanfaatan listrik dengan sewajarnya yaitu mematikan lampu di siang hari, dan tidak menonton televisi hingga larut malam. Serta hemat dalam penggunaan kertas.
Copyrights © 2021