cover
Contact Name
Asriyati Nadjamuddin
Contact Email
jurnal.educator@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6281340176181
Journal Mail Official
jurnal.educator@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Prodi PGMI IAIN Sultan Amai Gorontalo Jl. Sultan Amai Desa Pone Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo 96219
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Educator : Directory of Elementary Education Journal
ISSN : -     EISSN : 27464253     DOI : -
EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Imu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo yang menerbitkan hasil-hasil studi dan penelitian dari berbagai aspek pendidikan dasar. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) diterbitkan 2 kali baik cetak maupun online dalam setahun yaitu Bulan Juni dan Bulan November. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) Fokus pada berbagai ilmu dalam bidang Pendidikan Dasar baik sebagai objek formal maupun sebagai objek material, dengan rincian fokus sebagai berikut: (1) Strategi pembelajaran pada Pendidikan Dasar; (2) Manajemen Pendidikan pada Pendidikan Dasar; (3) Evaluasi Pembelajaran pada Pendidikan Dasar; (4) Pengembangan Desain dan Inovasi dalam Pembelajaran pada Pendidikan Dasar; (5) Profesionalisasi Guru Pendidikan Dasar; (6) Implementasi Teknologi dan Informasi Digital pada Pendidikan Dasar; (7) Pendidikan Inklusif pada Pendidikan Dasar. Dengan demikian, kami mengundang bapak/ibu para ilmuwan, akademisi, peneliti, praktisi, dan pengamat di bidang Pendidikan Dasar untuk kiranya berkenan mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ini.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 49 Documents
PENUGASAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT KARANGAN NARASI PADA PESERTA DIDIK SDN 1 MOMALIA KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW Hakiu, Amelia Nov; Ruwiah A. Buhungo
EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) Vol. 1 No. 1 (2020): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)
Publisher : RUMAH JURNAL - LP2M IAIN SULTAN AMAI GORONTALO JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS ILMU TERBIYAH DAN KEGURUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/educator.v1i1.3

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yakni bagaimana Kemampuan membuat karangan narasi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu penguasaan kosakata. Kosakata merupakan kata dalam suatu bahasa. Hasil observasi menunjukkan peserta didik mengalami kesulitan dalam membuat karangan narasi dikarenakan kurangnya penguasaan kosakata yang benar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Membuat Karangan Narasi pada Peserta Didik SDN I Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jenis penelitian ini tergolong jenis kualitatif dengan penelitian yang sering disebut penetian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting) disebut juga penelitian etnographi, karena awalnya penelitian ini lebih banyak digunakan untuk penelitian bidang antopologi budaya; disebut sebagai metode kualitatif, karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh dari Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Membuat Karangan Narasi Pada Peserta didik SDN I Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan kurangnya penguasaan kosakata bahasa Indonesia yang diketahui sehingga berdampak pada pembelajaran bahasa indonesia dengan materi tentang membuat karangan narasi. Saran penelitian ini diharapkan kepada, a) Guru untuk lebih membiasakan kepada peserta didik untuk berbahasa yang benar dan lebih banyak menguasai kosakata yang benar b) dan terhadap peserta didik mampu memahami apa yang akan dipelajari dan banyak mencari kosakata yang benar sehingga ketika dalam pembelajaran bahasa indonesia mampu membuat karangan narasi dengan menggunakan kosakata yang benar.
PENGARUH KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 1 PAKU KECAMATAN BOLANGITAN BARAT Nurianti Lasompo; Asriyati Nadjamuddin
EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) Vol. 1 No. 1 (2020): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)
Publisher : RUMAH JURNAL - LP2M IAIN SULTAN AMAI GORONTALO JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS ILMU TERBIYAH DAN KEGURUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/educator.v1i1.5

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang Pengaruh Komunikasi antara Guru dan Siswa terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas V di SDN 1 Paku Kecamatan Bolangitan Barat. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang dihasilkan Komunikasi Antara Guru dan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan mendalam mengenai pengaruh Komunikasi antara Guru dan Siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 1 Paku Kecamatan Bolangitan Barat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang, sehingga penelitian ini dikatakan sebagai penelitian populasi.Selanjutnya pengumpulan data peneliti penulis menggunakan angket, dan jenis analisis yang digunakan yaitu berupa analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, menujukan bahwa komunikasi Guru memiliki pengaruh yang signifikansi trhadap Motivasi Belajar Siswa yaitu sebesar 98,9% dan diperoleh thitung > ttabel 50.014> 2.080, ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh antara komunikasi Guru dan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas V di SDN 1 Paku Kecamatan Bolangitan Barat. Saran dari penelitian ini diharapkan bagi guru khusunya dalam melakukan kegiatan belajar mengajar hendaknya guru lebih kreatif lagi dan mampu membangunkan kemampuan berkomunikasinya dengan baik sehingga proses pembelajaran menajdi lebih kondusif dan tidak membosankan bagi siswa.
PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU ANAK DI SDN 73 KOTA TIMUR KOTA GORONTALO Mujianti; Karmila Iskandar
EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) Vol. 1 No. 1 (2020): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)
Publisher : RUMAH JURNAL - LP2M IAIN SULTAN AMAI GORONTALO JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS ILMU TERBIYAH DAN KEGURUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/educator.v1i1.41

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah yakni Apakah ada pengaruh komunikasi orang tua terhadap perilaku anak di SDN 73 Kota Timur Kota Gorontalo dan seberapa besar pengaruh komunikasi orang tua terhadap perilaku anak di SDN 73 Kota Timur Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan menggunakan metode statistika, untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan mendalam mengenai Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Di SDN 73 Kota Timur Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 176 orang. Selanjutnya pengumpulan data penulis menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan tabel Coefficient maka pada kolom Unstandardized Coefficient, nilai X (Pengaruh Komunikasi Orang Tua) sebesar 0.911 dan nilai thitungnya sebesar 13.578 Dengan dk (derajat kebebasan)= n-2=40-2=38 dan α=0.05, sehingga diperoleh nilai ttabel=2.024 sehingga nilai thitung>ttabel atau, 13.578>2.024 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti koefisen regresi berpengaruh secara signifikan. Dengan demikian terbukti berdasarkan Uji t bahwa pengaruh Komunikasi Orang Tua (X) berpengaruh Secara signifikan terhadap perilaku anak (Y) Di SDN 73 Kota Timur Kota Gorontalo. Pada Model summary dapat dilihat nilai R-Squarenya adalah 0.829 yang berarti bahwa pengaruh variabel X (Pengaruh Komunikasi Orang Tua) terhadap variabel Y (Perilaku Anak) sebesar 82,9%, pengaruh variabel lainnya adalah 17,1% yang merupakan pengaruh dari luar.
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK DI MI AL-MUKHLISIN KECAMATAN TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO Verawati; Al Junaid Bakari
EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) Vol. 1 No. 1 (2020): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)
Publisher : RUMAH JURNAL - LP2M IAIN SULTAN AMAI GORONTALO JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS ILMU TERBIYAH DAN KEGURUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/educator.v1i1.42

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk: (1) menganalisis bagaimana mengembangkan kreativitas menulis cerpen melalui media gambar pada peserta didik di MI Al-Mukhlisin. (2) menganalisis apa kendala dalam mengembangkan kreativita menulis cerpen melalui media gambar pada peserta didik di MI Al-Mukhlisin. Dan (3) untuk memberikan solusi dalam mengembangkan kreativitas menulis cerpen melalui media gambar pada peserta didik di MI Al-Mukhlisin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan rancangan lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan metode, model bahkan media gambar merupakan kreativitas pendidik dalam mengembangkan kreativitas peserta didik terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis cerita pendek. Kendala dalam mengembangkan kreativitas menulis antara lain: kurangnya kompetensi guru, kurangnya media, dan minimnya buku pelajaran untuk peserta didik.
PENGARUH METODE DISCOVERY PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SDN 73 KOTA TIMUR KOTA GORONTALO Sri Susanti Olii; Amalia Rizki Pautina
EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) Vol. 1 No. 1 (2020): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)
Publisher : RUMAH JURNAL - LP2M IAIN SULTAN AMAI GORONTALO JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS ILMU TERBIYAH DAN KEGURUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/educator.v1i1.43

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang pengaruh metode disvovery materi siklus makhluk hidup terhadap hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 73 kota timur kota gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang dihasilkan oleh metode discovery terhadap hasil belajar peserta didik dan untuk mengetahui berapa besarkah pengaruh metode discovery terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan posttest-only control design untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan mendalam mengenai pengaruh metode discovery materi siklus makhluk hidup terhadap hasil belajar peserta didik dikelas IV SDN 73 kota timur kota gorontalo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang, sehingga penelitian ini dikatakan sebagai penelitian populasi. Selanjutnya pengumpulan data penulis menggunakan soal test. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa metode discovery memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 84.4% dan diperoleh thitung> ttabel 8.382 > 2.101 ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh antara metode discovery materi siklus makhluk hidup dengan hasil belajar peserta didik di kelas iv sdn 73 kota timur kota gorontalo.
IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAM MELALUI INTENSITAS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SDN 3 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO Nurhamidin, Yuli Rahmawati; Buhungo, Ruwiah A.
EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) Vol. 1 No. 2 (2020): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)
Publisher : RUMAH JURNAL - LP2M IAIN SULTAN AMAI GORONTALO JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS ILMU TERBIYAH DAN KEGURUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/educator.v1i2.187

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penanaman nilai-nilai karakter islam melalui kegiatan ekstrakurikuler di SDN 3 Limboto, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi penanaman nilai-nilai karakter islam di SDN 3 Limboto, serta untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan psikologi, edukatif, dan agama. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui empat tahap, yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang di peroleh adalah nilai-nilai karakter yang di tanamkan pada diri siswa di SDN 3 Limboto yaitu, a) Nilai tauhid, b) Nilai akhlak dan c) Nilai ibadah, penanaman nilai-nilai karakter islam melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dilaksanakan di SDN 3 Limboto adalah a) Kegiatan perayaan hari besar agama, b) Kegiatan baca tulis Al-Quran, dan c) Zikir bersama. Kendala yang dihadapi dalam implementasi penanaman nilai-nilai karakter islam melalui kegiatan ekstrakurikuler di SDN 3 Limboto, a) Kesulitan guru menerapkan disiplin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, b) Terbatasnya waktu dari orang tua untuk mengadakan pertemuan dengan guru. Adapun saran dalam penelitian ini adalah, salah satu kegiatan guru yang perlu di perhatikan dengan baik adalah kemampuannya mendesain dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang memudahkan siswa memahami dan mempraktekan nilai-nilai karakter Islam. Guru dan kepala sekolah hendaknya bekerjasama dengan orang tua dalam mendorong siswa mengikuit kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Sehingga dengan demikian efektifitas dan efesiensi pencapaian tujuan lebih dapat di pertanggung jawabkan.
PENERAPAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SDN 4 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO Kadir, Dewi Monalisa; Nadjamuddin, Asriyati
EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) Vol. 1 No. 2 (2020): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)
Publisher : RUMAH JURNAL - LP2M IAIN SULTAN AMAI GORONTALO JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS ILMU TERBIYAH DAN KEGURUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/educator.v1i2.188

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode example non example pada pembelajaran matematika, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, dan untuk mengetahui hambatan serta solusi dalam penerapan metode example non example. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, selanjutnya teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yakni : (1) penerapan metode example non example di kelas II SDN 4 Limboto dilakukan sebagaimana proses pembelajaran pada umumnya. (2) hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas II SDN 4 Limboto sudah lebih baik. (3) hambatan dan solusi dalam penerapan metode example non example yakni : membutuhkan waktu yang banyak, solusinya dengan menambah waktu belajar peserta didik, atau memanfaatkan waktu pembelajaran yang kosong. Saran penulis (1) kepala sekolah dapat melakukan dukungan dalam pelaksanan pembelajaran di kelas dan melakukan pengawasan dalam proses kegiatan belajar mengajar. (2) pendidik, dapat memberikan inovasi dalam memilih metode pembelajaran dalam serta lebih sabar dalam mendidik, membimbing dan mengarahkan peserta didik. (3) peneliti dapat menjadikan penelitian ini sebagai informasi dan referensi mengenai metode example non example.
DAMPAK GAME ONLINE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI AL ANSHAR KECAMATAN HULONTHALANGI Harun, Faradila; Arsyad, Lukman
EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) Vol. 1 No. 2 (2020): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)
Publisher : RUMAH JURNAL - LP2M IAIN SULTAN AMAI GORONTALO JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS ILMU TERBIYAH DAN KEGURUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/educator.v1i2.189

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah dampak game online dan implikasinya terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Al-Anshar Kecamatan Hulonthalangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak game online dan implikasinya terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Al-Anshar Kecamatan Hulonthalangi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: a) Relationship; b) Manipulation; c) Immersion; dan d) Achievement. Saran penelitian ini diharapkan guru dan orang tua mampu bekerjasama dalam hal mengatasi peserta didik yang ketergantungan game online, karena game online menyebabkan banyak peserta didik yang mengalami penurunan motivasi belajar. Selain itu, diharapkan kepada orangtua sebaiknya jangan memberikan fasilitas berupa gadget kepada anaknya.
PENERAPAN IQRA TALAQI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SDN 3 TELAGA KABUPATEN GORONTALO Petta Solong, Najamuddin; Adrian, Andi
EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) Vol. 1 No. 2 (2020): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)
Publisher : RUMAH JURNAL - LP2M IAIN SULTAN AMAI GORONTALO JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS ILMU TERBIYAH DAN KEGURUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/educator.v1i2.190

Abstract

SDN 3 Telaga telah memprogramkan kegiatan ekstrakurikuler yakni pemberantasan buta huruf Al-Qur’an. Ini adalah hal mendesak yang harus dilaksanakan, karena sebelum program metode Iqra Talaqi dicanangkan, peserta didik lulusan SDN 3 Telaga masih banyak yang kurang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, bahkan ada yang buta huruf Al-Qur’an. Observasi awal yang di lokasi penelitian masih banyak peserta didik belum mampu membaca al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan menemukan penerapan metode Iqra Talaqi dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi sehingga dimulai dengan mempertahankan dan menelaah fokus fenomena yang hendak diteliti, yang melihat berbagai aspek subjektif dari perilaku objek. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI. Peneliti selaku instrumen kunci senantiasa hadir di lokasi penelitian dalam rangka penggalian data melalui wawancara mendalam kepada informan, melakukan observasi terhadap aktivitas objek penelitian dalam menginterpretasikan pengalamannya kepada orang lain. Hasil penelitian menemukan penerapan metode Iqra Talaqi dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SDN 3 Telaga dilaksanakan dengan beberapa langkah yakni: pengenalan huruf hijaiyah melalui langsung baca tanpa dieja, penggunaan metode Iqra Talaqi dengan sistem privat, sistem klasikal, bimbingan membaca Al-Qur’an dengan tajwid dan makhraj yang benar, serta dilakukan evaluasi terkait proses dan kemampuannya.
PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SDN 28 KOTA SELATAN KOTA GORONTALO Rustam, Wanti; Pautina, Amalia Rizki
EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) Vol. 1 No. 2 (2020): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)
Publisher : RUMAH JURNAL - LP2M IAIN SULTAN AMAI GORONTALO JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS ILMU TERBIYAH DAN KEGURUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54045/educator.v1i2.191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana penerapan reward danpunishment di SDN 28 Kota Selatan; (2) bagaimana bentuk reward dan punishment diSDN 28 Kota Selatan; dan (3) faktor-faktor apa saja yang dapat menunjang danmenghambat penerapan reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajarpeserta didik SDN 28 Kota Selatan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakanmetode penelitian kualitatif yakni melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Adapun hasil penelitian ini adalah : (1) penerapan pemberian reward dan punishment diSDN 28 Kota Selatan secara umum telah dilakukan oleh guru. Penerapan metode inidilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran, guru sebelumnya telah memahami prosedurdalam penerapannya yang dapat meningkatkan motivasi belajar yaitu denganmendiskusikan hadiah dan hukuman apa saja yang harus diterapkan sehingga merekamengetahui rambu-rambu yang akan diterapkan; (2) penerapan reward dan punishmentdalam pembelajaran telah mampu meningkatkan motivasi belajar di SDN 28 KotaSelatan. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan peserta didik yang meningkat. Kemudianbentuk reward dan punishment yang biasa diterapkan di sekolah pada umumnya yaitupemberian peringkat dan simbol lain, penghargaan, pemberian kegiatan, dan berupabenda; (3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan reward dan punishmentdalam meningkatkan motivasi belajar di SDN 28 Kota Selatan diantaranya adanyadukungan sekolah dan guru untuk memotivasi peserta didik mencapai prestasi lebihberkarakter, sarana dan prasarana yang memadai, adanya motivasi dari diri sendiri sertafaktor internal yaitu orang tua. Sehingganya, berdasarkan kendala yang dihadapi olehguru dalam melaksanakan pemberian reward dan punishment peneliti berharap guru danorang tua lebih semangat lagi untuk memotivasi peserta didik agar peserta didik lebihaktif dalam pembelajaran.