Journal for Lesson and Learning Studies
Vol. 2 No. 2 (2019): July

ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PPK MELALUI KEGIATAN TADARUS DALAM MENGEMBANGKAN NILAI RELIGIUS

Fitri Damayanti (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas PGRI Semarang)
Eka Sari Setianingsih (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas PGRI Semarang)
Husni Wakhyudin (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2019

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui hasil analisis pelaksanaan program PPK melalui kegiatan tadarus di SD Negeri Pamongan 02 Guntur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang diambil adalah 40 siswa kelas III dan IV SD Negeri Pamongan 02 Guntur diolah dengan secara trianggulasi data. Data dalam penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan berdoa sebelum pembelajaran di mulai, membaca Al-Qur’an, sholat dhuhur berjamaah bersama, sholat dhuha ketika pembelajaran Agama, dan pesantren kilat yang diadakan setiap satu tahun sekali pada bulan ramadhan. Nilai religius siswa kelas III dan kelas IV SD Negeri Pamongan 02 Guntur sudah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya hasil  observasi, wawancara, dan angket. Hasil angket karakter religius menunjukkan hasil yang  sangat tinggi dengan  rata-rata kriteria sangat religius. Kata kunci: PPK, Tadarus, Nilai Religius

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...