JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 5, No 6 (2021): Desember

PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PROGRAM ARTICULATE STORYLINE BAGI GURU SMP

Muhammad Amran Shidik (Pendidikan Biologi, Universitas Timor)
Lidwina Felisima Tae (Pendidikan Biologi, Universitas Timor)
Ni Putu Yuni Astriani Dewi (Pendidikan Biologi, Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2021

Abstract

Abstrak: Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih guru-guru agar mampu membuat media pembelajaran interaktif agar menjadi salah satu sarana dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada awal minggu pertama bulan Agustus 2021, dengan jumlah peserta yang hadir 18 orang guru. Metode pengabdian ini dilakukan dengan cara memberikan pelatihan dan pendampingan langsung kepada guru-guru secara untuk membuat media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi articulate storyline. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan media pembelajaran initeraktif sesuai dengan bidang pelajarang setiap guru seperti guru IPA yang mebuat media pembelajaran untuk pelajaran IPA. Kegiatan ini juga memberikan kontribusi bagi sekolah dan guru-guru, 90% guru-guru paham denga napa yang disampaikan oleh tim pengabdi. Dengan tingginya pemahaman guru-guru ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai Learning Management System (LMS) sederhana untuk sekolah yang nantinya dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara daring maupun luring.Abstract: The purpose of this activity is to train teachers to be able to create interactive learning media so that they become a means of learning. This service activity was carried out at the beginning of the first week of August 2021, with 18 teachers attending. This service method is carried out by providing training and direct assistance to teachers to create interactive learning media using the articulate storyline application. This service activity produces this interactive learning media according to the subject area of each teacher such as a science teacher who makes learning media for science lessons. This activity also contributes to schools and teachers, 90% of the teachers understand what the service team is saying. With the high understanding of these teachers, it is hoped that it can be used as a simple Learning Management System (LMS) for schools which can later be used in the online and offline learning process.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...