Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 11 No 1 (2022): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi

Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Motivasi Belajar dan Retensi Biologi Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 2 Majene

Sainab Sainab (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain control group pre-test-post-tes yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture And Picture terhadap motivasi belajar dan retensi peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 2 Majene. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA3 dan kelas X MIA4 yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan asumsi bahwa kelas yang diambil homogen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi untuk mengukur motivasi belajar peserta didik dan tes retensi untuk mengukur retensi (Ijpe). Analisis data uji hipotesis menggunakan uji-z. Hasil uji- z data motivasi diperoleh Zhitung>Ztabel= 4.88>1.96 dengan nilai signifikasi 5%, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Data Hasil retensi menggunakan uji z diperoleh nilai 3.68>1.96 dengan nilai signifikasi 5%, dimana Zhitung>Ztabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Picture and picture terhadap motivasi belajar dan retensi peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 2 Majene.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...