Indonesian Journal of Sport & Tourism
Vol. 4 No. 1 (2022): June

Tingkat Partisipasi Siswa SMA Melakukan Aktivitas Olahraga di Luar Jam Mata Pelajaran Penjaskes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan)

I Kadek Wikanjaya (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Ketut Yoda (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Gede Doddy Tisna (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis berapa besar tingkat partisipasi siswa dalam melakukan aktivitas olahraga di luar jam mata pelajaran penjaskes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif adalah penelitian yang tidak bermaksud menguji hipotesis tetapi hanya menggambarkan seperti adanya suatu variabel, gejala atau keadaan. Variabel dalam penelitian ini adalah partisipasi siswa dalam melakukan aktivitas olahraga di luar jam mata pelajaran penjaskes. Populasi dalam penelitian ini yakni sebanyak 2.560 siswa SMA. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive random sampling yang berjumlah 256 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Adapun data dianalis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tingkat partisipasi siswa dalam melakukan aktivitas olahraga di luar jam mata pelajaran penjaskes Kabupaten Badung masuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 8,20%, kategori tinggi sebesar 17,97%, kategori sedang sebesar 45,31%, kategori rendah sebesar 21,09% dan kategori sangat rendah sebesar 7,42%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJST

Publisher

Subject

Education Environmental Science Public Health

Description

This article is devoted to sports tourism. The purpose of this article is to examine theoretical material on sports tourism, to analyze sports tourism in Indonesian and to search for promising areas for the study of sports tourism in our ...