Indonesian Gender and Society Journal
Vol. 3 No. 1 (2022)

Pembelajaran IPS Menggunakan Metode Mind Maping di Kelas VI Sekolah Dasar

Nurul Aini Asfiyanti (STKIP Rokania, Riau, Indonesia)
Syafia Eka Putri (STKIP Rokania, Riau, Indonesia)
Sisi Sahriani (STKIP Rokania, Riau, Indonesia)
Reskiana Reskiana (STKIP Rokania, Riau, Indonesia)
Alda Khoirunnisa (STKIP Rokania, Riau, Indonesia)
Khardianti Alviani Ishak (STKIP Rokania, Riau, Indonesia)
Abdul Putra Ginda Hasibuan (STKIP Rokania, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam menerapkan metode mind mapping. Perkembangan teknologi saat ini menuntut guru untuk terus belajar mengikuti perkembangan zaman dan lebih kreatif dalam proses mengajar agar peserta didik tidak merasa bosan dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru . Metode mind mapping diterapkan untuk menarik perhatian peserta didik agar lebih mengerti tentang pelajaran yang disampaikan. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar adalah proses pembelajaran yang kurang menarik. Dengan menggunakan metode mind miping pelajaran menjadi terarah, terbimbing, dan menyenangkan bagi peserta didik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar kelas VI sekolah dasar. Adapun hasil penelitian yang menggunakan metode mind mapping nilai peserta didik  lebih tinggi dibandingkan belajar menggunakan metode konvensial. Peserta didik menjadi lebih aktif, kreatif dan mudah memahami pembelajaran ips setelah menggunakan pembelajaran mind miping. Pembelaran ini pun tidak membuat peserta didik merasa bosan dan tidak terlalu monoton dalam memahami pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IGSJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Indonesian Gender & Society Journal, the official journal of Sociologists for Women in Society. Articles analyze gender and gendered processes in interactions, organizations, societies, and global and transnational spaces. The journal publishes empirical articles, along with reviews of ...