Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2022)

PEMANFAATAN PESTI (PESTISIDA NABATI) SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PETANI YANG RAMAH LINGKUNGAN DI DESA KIBANG, KECAMAATAN METRO KIBANG, KABUATEN LAMPUNG TIMUR

Winda Trijayanthi Utama (Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas dan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Lampung)
Sutarto Sutarto (Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas dan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Lampung)
Ratna Dewi Puspita Sari (Bagian Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Fakultas Kedokteran Universitas Lampung)
Reni Indriyani (Jurusan Gizi, Politekkes Tanjungkarang, Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Di Indonesia sendiri penggunaan pestisida oleh petani sudah sangat intensif, bahkan melebihi batas aman. Untuk itu kami mengadakan sosialisasi sekaligus demo tentang pestisida nabati, dengan harapan dapat menggantikan peran dari pestisda kimia secara perlahan serta mengurangi dampak yang akan diberikan dari segi lingkungan tanpa mengurangi hasil panen secara kualitas maupun kuantitas. Program kerja ini dilaksanakan mulai pada tanggal 11 Februari 2021 dengan memproduksi pestisida nabati, serta mendemonstrasikannya di depan perwakilan petani Desa Kibang, Kec. Metro Kibang, Lampung Timur. Pestisida nabati ini menggunakan bahan dasar bawang putih, lidah buaya, dan air yang dicampur dengan cara di haluskan bersamaan. Pestisida nabati bersifat “pukul dan lari” (hit and run), saat diaplikasikan,  akan membunuh hama saat itu juga dan setelah hamanya mati, residunya akan hilang di alam. Penggunaan pestisida nabati memberikan keuntungan ganda, selain menghasilkan produk yang aman, lingkungan juga tidak tercemar.

Copyrights © 2022