Proceeding Biology Education Conference
Vol 12, No 1 (2015): Prosiding Seminar Nasional XII Biologi

Penerapan Model Bermain Peran pada Materi Sistem Pernapasan terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Semen Kediri

Andy Bagus Alfianto (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Sulistiono Sulistiono (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Budhi Utami (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2016

Abstract

Aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPA rendah, karena proses pembelajaran yang dilakukan lebih didominasi oleh guru dan kurang melibatkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model bermain peran di kelas VIIIB SMP Negeri 1 Semen, Kediri. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model Kemmis dan Taggart (1992) yang terdiri dari dua siklus, setiap sikus terdiri dari 4 tahap, yaitu: rencana tindakan, pengamatan, refleksi. Parameter yang diamati adalah aktivitas siswa dan hasil belajar. Aktivitas siswa diukur dengan rubrik menurut Supinah (2009), sedangkan hasil belajar diukur degan post test yang dilakukan pada akhir setiap siklus. Model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan aktivitas siswa sebesar 71,8 % menjadi 84,6 % pada siklus II, sedangkan hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,1 menjadi 79,3 pada siklus II.Keywords: Aktivitas, Bermain Peran, Hasil Belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

prosbi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Proceeding Biology Education Conference was published since 2003, with title Prosiding Seminar Nasional Biologi. The early number of the journal were published ...