Tujuan penelitian ini untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif tingkat tinggi pada mata pelajaran pola bilangan di SMP Negeri 27 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model formative research yang melalui 4 tahap yaitu preliminary, self evaluation, prototyping dan field test. Subjek uji coba kelas VIII SMP Negeri 27 yang berjumlah 32 peserta didik. Hasil yang diperoleh pada uji validitas isi soal dinyatakan valid karena pada CVR (Content Validity Ratio) dan CVI (Content Validity Index) rata-rata skor total adalah 1 dengan kategori sangat sesuai, hasil uji coba angket respon peserta didik adalah 68,5%, hasil uji coba reliabilitas rata-rata skor total adalah 0,63 dengan kategori tinggi, hasil analisis tingkat kesukaran rata-rata skor total adalah 0,07 dengan kategori sangat sukar dan hasil analisis daya pembeda rata-rata skor adalah 0,18 dengan kategori rendah serta hasil analisis untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi terdapat 16 peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik, 11 peserta didik termasuk dalam kategori baik, 2 peserta didik termasuk dalam kategori cukup, sehingga diperoleh rata-rata skor total adalah 76,87 dengan kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes kemampuan berpikir kreatif tingkat tinggi di SMP Negeri 27 Medan dengan kualitas yang baik.
Copyrights © 2022