Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 1 (2022): Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Merdeka Belajar

Nisna Nursarofah (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia masih perlu ditingkatkan, salah satunya pada lembaga pendidikan anak usia dini. Adanya problematika yang terjadi pada pendidikan di Indonesia yaitu dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang hanya berorientasi pada guru yang menyebabkan anak kurang mandiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan anak menjadi kurang kreatif. Kemudian guru yang menyampaikan pembelajaran hanya dengan teori tanpa adanya media pembelajaran sehingga anak kurang memahami makna dari apa yang disampaikan. Penulis menggunakan metode penelitian studi literatur, dan mengambil data dari buku, artikel, internet, dan sumber informasi lain yang relevan. Hasil dari kajian literatur mengenai peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini melalui pembelajaran kontekstual dengan pendekatan MERDEKA BELAJAR yaitu diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Inti dari pembelajaran kontekstual dengan pendekatan merdeka belajar yaitu pembelajaran yang menghubungkan antara teori dengan kehidupan nyata sehingga memberikan pembelajaran lebih konkrit dan bermakna, dan juga memberikan kebebasan kepada anak untuk mencari dan memecahkan suatu permasalahan dalam proses pembelajaran baik secara kelompok maupun individu sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan kreativitas anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

piaud

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Other

Description

Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini receiving research results in various fields related to Early Childhood Education including Cognitive Development, Development of Moral and Religious Values, Social-Emotional Development, Physical Motor Development, Language Development, Arts and ...