Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 2 No. 01 (2022): Artikel Riset Periode April 2022

Peran Orang Tua dan Guru dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Daring di Kelas IV SD Negeri 091622 Perdagangan

Elsida Aritonang (Universitas Efarina)
Deswidya S Hutauruk (Universitas Efarina)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 yang membuat dampak dari tahun 2020 sampai sekarang membuat banyak sektor yang mengalami transformasi. Sektor pendidikan secara umum mengalami gangguan pada proses pembelajarannya, sehingga peran orang tua dan guru sangat berpengaruh untuk mengakomodasi siswa dalam melakukan pembelajaran. Pendekatan pada pelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 orang tua dan 1 guru. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi pada penelitian  ini adalah peran orang tua sebagai pembimbing, orang tua sebagai motivator, orang tua sebagai fasilitator, memberikan informasi tambahan, dan orang tua mengatur jadwal mendampingi anak dalam belajar daring, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai pengajar dan peran guru sebagai motivator

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educendikia

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan ...