Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media video pengetahuan alam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menulis teks deskripsi pada siswa kelas vii smp siman jaya lamongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen, desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode nontes berupa penugasan menulis teks teks deskripsi. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh media video pengetahuan alam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Siman Jaya Lamongan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi tambahan pengetahuan tentang teori pembelajaran menulis teks deskripsi, serta memberi tambahan pengetahuan bagi tenaga pendidik untuk mengelola proses belajar pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran
Copyrights © 2021