Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 4, No 1 (2022): Februari

Analisis Motivasi Belajar pada Materi Asam Basa Selama Masa Pandemi Covid-19

Hardianti Daing (Universitas Negeri Gorontalo)
Akram La Kilo (Universitas Negeri Gorontalo)
Hendri Iyabu (Universitas Negeri Gorontalo)
La Alio (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
10 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar pada materi asam basa siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gorontalo selama masa pandemi Covid-19. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gorontalo. Responden penelitian 150 siswa. Instrumen yang digunakan adalah quesioner dengan wawancara motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik siswa. Hasil penelitian ditemukan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa secara keseluruhan memiliki tiga kategori yaitu kategori sangat tinggi, tinggi dan cukup tinggi, untuk aspek motivasi belajar intrinsik siswa yaitu keinginan diri sebesar 84%, kepuasaan sebesar 87%, kebiasaan baik sebesar 84% dan kesadaran sebesar 80%. Untuk rata-rata dari motivasi belajar intrinsik siswa memperoleh nilai 84% dengan kategori sangat tinggi sedangkan untuk aspek motivasi belajar ekstrinsik siswa yaitu pujian sebesar 81%, nesehat sebesar 85%, semangat sebesar 82%, hadiah sebesar 77%, hukuman sebesar 79% dan meniru sesuatu sebesar 86%. Untuk rata-rata dari motivasi belajar ekstrinsik siswa memperoleh nilai 82% dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...