Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol. 3 No. 2 (2019): Vol. 3, No. 2 (2019)

Pengembangan Komik Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Materi Lingkaran

Elfrida Rifatul Chusniah (Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya)
Rini Setianingsih (Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan komik matematika berbasis kontekstual untuk materi lingkaran yang berkualitas baik berdasarkan tiga kriteria, yaitu valid, praktis, dan efektif. Rancangan penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur-prosedur pengembangan yang digunakan meliputi empat langkah: (1) melakukan perencanaan produk yang akandikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi dan revisi produk, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi. Uji coba komik dilakukan secara terbatas oleh 10 siswa kelas VIII SMP. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan instrumen penelitian yangdigunakan meliputi lembar validasi, angket penggunaan media, dan angket respon siswa. Data penelitian dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komik matematika dinyatakan valid dengan skor kevalidan 4 oleh ahli media dan 3,9 oleh ahli materi dari skor maksimum 5 sehingga dikategorikan valid, komik matematika dinyatakan praktis dengan hasil analisis persentase kepraktisan 76,28 % dan komik matematika dinyatakan efektif degan hasil analisis persentase keefektifan 79,4%, sehingga dikategorikan efektif. Berdasarkan hasil tersebut maka media komik ini memiliki kualitas yang baik sehingga dapat dimanfaatkan sebagai satu upaya atau alternatif media dalam proses pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan dan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa.Kata Kunci: media pembelajaran, komik matematika, lingkaranThis research is a research that aims to develop contextual based mathematical comics for good quality circle material based on three criteria, namely valid, practical, and effective. The design of this research is Research and Development (R&D). The development procedures used include four steps: (1) conducting product planning to be developed, (2) developing initial products, (3) product validation and revision, (4) small-scale field trials and revisions. Comic trials are limited to 10 students in grade VIII SMP. Data collection techniques applied in this study were questionnaires, while the research instruments used included validation sheets, media use questionnaires, and student response questionnaires. The research data were analyzed by descriptive qualitative. The results of this study indicate that mathematics comics are declared valid with a validity score of 4 by media experts and 3.9 by material experts from a maximum score of 5 so that they are categorized valid, mathematical comics are declared practical with the results of a practicality percentage analysis of 76.28% and mathematical comics are declared effective with the result of the analysis of the effectiveness percentage is 79.4%, so it is categorized as effective. Based on these results, this comic media has good quality so that it can be used as an alternative media used by teachers in the teaching and learning process in an effort to improve the quality of education and create a pleasant atmosphere for students.Keywords: learning media, mathematical comics, circles

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains (JPPMS) adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya. Jurnal ini memuat artikel penelitian yang berorientasi pada pokok-pokok kajian pendidikan matematika dan sains (fisika, kimia, ...