QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah
Vol. 2 No. 2 (2022): Qulubana: Jurnal Manajemen Dakwah

Pengaruh Persepsi dan Perilaku Pedagang Kecil Terhadap Minat Memilih Pembiayaan Murabahah

Budi Hariyono (STAI Terpadu Yogyakarta)
Ahyar (STAI Terpadu Yogyakarta)
Syarif Hidayat (STAI Terpadu Yogyakarta)
Danang Dwi Prasetyo (STAI Terpadu Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah Pati merupakan lembaga keuangan non bank atau koperasi yang berbasis syari’ah, memberikan pembiayaan dengan prinsip jual beli dilakukan dengan akad murabahah. Nasabahnya banyak dari kalangan pedagang kecil, maka persepsi dan perilaku pedagang kecil berpengaruh terhadap minat memilih pembiayaan murabahah. Tujuan penelitian  ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi pedagang kecil terhadap pembiayaan minat memilih pembiayaan murabahah di KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah Pati, 2) untuk mengetahui pengaruh perilaku pedagang kecil terhadap minat memilih pembiayaan murabahah di KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah Pati, 3) Untuk mengetahui persepsi dan perilaku pedagang kecil berpengaruh terhadap minat memilih pembiayaan murabahah di KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Tempat penelitian di KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah Pati. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner, observasi dan dokumentasi, metode analisis data yaitu uji validitas dan reliabilitas instrument, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi R2. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Persepsi pedagang kecil berpengaruh terhadap pembiayaan minat memilih pembiayaan murabahah di KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah Pati.  2) Perilaku pedagang kecil berpengaruh terhadap minat memilih pembiayaan murabahah di KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah Pati. 3) Persepsi dan perilaku pedagang  kecil berpengaruh terhadap minat memilih pembiayaan murabahah di KSPPS Yaummi Maziyah Assa’adah Pati.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

qulubana

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Manajemen Dakwah antara lain: 1. Manajemen Masjid Modern dan Pesantren, 2. Manajemen Lembaga Keuangan Syariah, 3. Pengelolaan Zakat Ummah (Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf), 4. Manajemen Travel (Haji, Umroh, Haji) 5. Ormas ...