Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 1 (2019): April

Pengaruh Medoka terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tema Selalu Berhemat Energi

Sri Supadmi (PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Iin Purnamasari (PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Zainal Arifin (PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
24 May 2019

Abstract

AbstrakTujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh MEDOKA terhadap motivasi dan hasil belajar pada tema Selalu Berhemat Energi kelas IV SD Tambak 02 Karangdowo. Jenis penelitian ini adalah True-Experimenta dengan model Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian adalah siswa siswi SD Tambak 02 Karangdowo. Sampel yang diambil adalah 44 siswa kelas III A dan III B dengan menggunakan teknik Non probability Sampling dengan jenis sampling Sampling Purposive. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan hasil posttest  memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 82,045 pada kelas eksperimen dan 79,091rata-rata pada kelas kontrol serta hasil pretest memiliki rata-rata nilai73,863 pada kelas eksperimen dan 60,454 rata-rata pada kelas kontrol sehingga nilai uji regresi yaitu, dan uji  linieritas yaitu dengan 1,89 dengan 2,85 maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung <Ftabel   berarti H0 diterima artinya terjadi persamaan linier serta perhitungan dengan uji segnifikansi yaitu 887,5 7dan 4,35, maka dapat disimpulkan bahwa Freg  >Ftabel berarti Ho ditolak, artinya persamaan regresisi gnifik an diterima. Adapun besar pengaruh dari hasil uji koefisien determinasi dengan Microsoft Excel 2013 adalah sebesar 30% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktorlainya. Sehinggadapat diakatakan bahwa MEDOKA efektif atau berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswaSD Negeri 02 Tambak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...