Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol 4, No 1 (2022)

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Mobile Learning Dengan Pendekatan Differentiated Instruction

Siti Suprihatiningsih (STKIP Pamane Talino)
Triana Harmini (Universitas Darussalam Gontor)
Nugroho Arif Sudibyo (Universitas Duta Bangsa)
Pradipta Annurwanda (STKIP Pamane Talino)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh  pembelajaran matematika menggunakan mobile learning dengan pendekatan Differentiated Instruction (DI) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi semu dengan populasi seluruh siswa kela VIII SMP Negeri 1 Menyuke. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Way Anova dengan prasyarat analisisnya uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data yang didapatkan bahwa ketiga data berdistribusi normal dan homogen. Uji One Way Anova menunjukan hasil signifikan 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran langsung, mobile learning maupun mobile learning dengan DI, selanjutnya dilakukan uji pasca anava untuk mengetahui metode pembelajaran yang efektif. Hasil uji pasca anava menunjukkan bahwa mobile learning dengan DI lebih efektif dibandingkan mobile learning maupun pembelajaran langsung. Sementara, mobile learning lebih efektif dibandingkan pembelajaran langsung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

The focus and scope of the Journal Riemann cover the following topics: 1. Mathematics Teaching 2. Mathematical Applications 3. Mathematical Computerization 4. Model of Mathematics ...