Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran matematika menggunakan mobile learning dengan pendekatan Differentiated Instruction (DI) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi semu dengan populasi seluruh siswa kela VIII SMP Negeri 1 Menyuke. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Way Anova dengan prasyarat analisisnya uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data yang didapatkan bahwa ketiga data berdistribusi normal dan homogen. Uji One Way Anova menunjukan hasil signifikan 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran langsung, mobile learning maupun mobile learning dengan DI, selanjutnya dilakukan uji pasca anava untuk mengetahui metode pembelajaran yang efektif. Hasil uji pasca anava menunjukkan bahwa mobile learning dengan DI lebih efektif dibandingkan mobile learning maupun pembelajaran langsung. Sementara, mobile learning lebih efektif dibandingkan pembelajaran langsung.
Copyrights © 2022