Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol 4, No 1 (2022)

Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Aspek Kognitif Pada Pembelajaran Matematika

M. Taufik Qurohman (Unknown)
Dwijanto Dwijanto (Universitas Negeri Semarang)
Scolastika Mariani (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan bagaimana hubungan kemandirian dengan aspek kognitif dimana aspek kognitif yang meliputi pengetahuan, penerapan, dan penalaran pada proses pembelajaran matematika. Metode dalam proses penelitian ini menggunakan Metode Studi Kepustakaan, dimana pada studi kepustakaan mengkaji teori berdasarkan artikel, catatan, dan buku. Dan data lain yang dibutuhkan dalam proses penelitian ini adalah menggunakan data/sumber sekuder dan primer. Kemudian Analisis data bertujuan memperoleh rumusan masalah dan jawaban dari suatu rumusan yang telah ditentukan. Hasil dari penelitan ini adalah kemandirian sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Dan hasil berikutnya adalah prosentase domain kognitif yang termuat dalam proses pembelajaran matematika memiliki hal yang baik apabila menggunakan buku matematika yang memuat/menyajikan capaian pada tingkat kognitif. Sehingga Kemandrian sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika, dan akan mencapai hasil yang maksimal, Ketika di lengkapi buku matematika yang memiliki capaian aspek kognitif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

The focus and scope of the Journal Riemann cover the following topics: 1. Mathematics Teaching 2. Mathematical Applications 3. Mathematical Computerization 4. Model of Mathematics ...