Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol 4, No 1 (2022)

Efektifitas Macromedia Flash Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD

Fida Rahmantika Hadi (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media macromedia flash terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. pada penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan VB SDN Sawahan yang berjumlah 38 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan peneliti adalah tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Hasil penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil bahwa thitung = 6,85 dan ttabel = 1,666571 sehingga ttabel < thitung maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa media macromedia flash efektif terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

The focus and scope of the Journal Riemann cover the following topics: 1. Mathematics Teaching 2. Mathematical Applications 3. Mathematical Computerization 4. Model of Mathematics ...